Minggu, 19 April 2020

Pengertian dan Karakteristik Penelitian

Kabid Dikdas
Penelitian adalah kegiatan mengumpulkan & menganalisis informasi demi perkembangan pengetahuan. Ada beberapa pengertian atau definisi yang dikemukakan oleh para ahli tentang pengertian antara lain sebagai berikut ini;
 Penelitian adalah kegiatan mengumpulkan  Pengertian dan Karakteristik Penelitian
Source: Pihak Ketiga

  • Penelitian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta sehingga menghasilkan dalil & hukum (Nasir: 1999).
  • Penelitian merupakan aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang & sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang terandalkan kebenarannya (objektif & sahih) mengenai dunia alam & dunia sosial (Sanapiah Faisal: 1990).
  • Penelitian merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan, & menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode ilmiah (Marzuki: 1983).
Suatu penelitian tidaklah sama dengan sekadar melihat sesuatu. Adapun suatu penelitian pasti memiliki sifat-sifat tertentu, antara lain: cermat, tepat, sistematis, dicatat (karena ingatan manusia tidak lepas dari kesalahan), objektif,dilakukan oleh orang terlatih (kompeten), & dilakukan dalam kondisi yang terkendali.
Dari pendapat para ahli di atas bisa diketahui karakteristik penelitian sebagai berikut;
  • Bersifat ilmiah, yang artinya melalu prosedur tertentu yang sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara objetif.
  • Merupakan suatu proses yang berjalan terus-menerus sebab hasil suatu penelitian selalu bisa disempurnakan lagi. Hasil itu bisa berlanjut atau dilanjutkan oleh penelitian lain.
Demikianlah artikel mengenai pengertian & karakteristik penelitian. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
Narsir, Moh. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar & Aplikasi. Malang:YA3.
Marzuki. 1983. Metodologi & Riset. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.